Apa Itu Branding?

Semua Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Seluk Beluk Branding

Momentum Creative Branding Agency

Written by Momentum Creative

Seberapa Pentingkah Branding?

Sebelum kami mulai berbicara tentang apa itu branding dan mengapa semua bisnis harus melakukan branding yang benar, kami mau memulai artikel ini dengan sebuah pertanyaan:

Apa yang ada di pikiran kamu ketika melihat foto ini?

 
Kebanyakan orang pasti menjawab “Oreo” ketika melihat foto biskuit di atas.
 
Padahal foto tersebut bukanlah foto biskuit Oreo, melainkan foto biskuit lain bermerek “Hydrox.”
 

Buat kamu yang belum percaya, coba scroll lagi ke atas dan pantengin logo yang ada di tengah biskuit tersebut, yang terpampang bukanlah logo Oreo, melainkan Hydrox.

 

So, what gives?

 

Sebelum kamu mengacungkan jari menuduh Hydrox memplagiat Oreo, berikut adalah kalimat pertama dari Wikipedia Hydrox:

 

Hydrox is the brand name for a creme-filled chocolate sandwich cookie manufactured by Leaf Brands. It debuted in 1908, and was manufactured by Sunshine Biscuits for over ninety years.

 

Dan ini adalah beberapa kalimat pertama dari Wikipedia Oreo:

 

Oreo (/ˈɔːrioʊ/ or /ˈɒrioʊ/) is a commercial brand of cookie usually consisting of two chocolate wafers with a sweet crème filling in between, and (as of 1974) is marketed as “Chocolate Sandwich Cookies” on the package. The version currently sold in the United States is made by the Nabisco division of Mondelēz International. Oreo has become the best-selling cookie in the United States since its introduction in 1912.

 

Biskuit Hydrox diciptakan empat tahun sebelum Oreo diciptakan.

 

Namun pada tahun 1999, Hydrox menghentikan penjualan biskuit mereka. Oreo? Pada tahun 2014, Oreo mencatatkan pendapatan melebihi USD2,5milyar.

 

Kembali ke pertanyaan awal kami: Seberapa pentingkah branding?

Sepenting perbedaan antara gulung tikar dan mendapatkan omset USD2,5M per tahun.

 

Lalu, Apa Sih Branding Itu?

Banyak sekali definisi branding menurut Internet. Menurut Wikipedia, branding atau pemerekan, adalah proses penciptaan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai macam cara dan strategi komunikasi sehingga tercipta makna dan perasaan khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen.

 

Bingung? Kami sih bingung baca cuplikan di atas.

 

Definisi branding, menurut tim branding Momentum Creative, adalah opini masyarakat terhadap binis kamu.

 

Apa itu Branding: Shangri-La London

Shangri-La? Mewah.

 

Apa itu Branding: Fave Hotel

Fave Hotel? Ramah di dompet.

 

Kita nggak perlu book kamar untuk mengetahui bahwa harga kamar Shangri-La lebih mahal daripada kamar Fave.

 

Kedua hotel tersebut sama-sama menjual akomodasi, namun apa sih yang menyebabkan kita memiliki persepsi yang begitu berbeda?

 

Branding.

 

Di sini kami ingin menekankan bahwa bukan berarti branding hotel Fave lebih jelek daripada branding hotel Shangri-La. Mereka berdua hanya menembak target market yang sangat berbeda.

Unsur-Unsur Branding

Banyak sekali unsur branding yang menentukan sebuah kesukesan bisnis yang, jika dipaparkan satu per satu, panjang artikel ini bahkan bisa melebihi sebuah novel.

 

Namun berikut adalah beberapa unsur branding yang aktif membentuk opini masyarakat terhadap sebuah bisnis:

 

  1. Nama Bisnis


    Pada umumnya, nama sebuah bisnis adalah brand touchpoint pertama yang dilihat target market. Hindari pemilihan nama yang susah diingat atau pun susah dilafalkan. 


    Selain itu, sesuaikan nama bisnis dengan target market kamu. Apakah lebih cocok nama bisnismu menggunakan bahasa Indonesia? Bahasa Inggris? Atau bahasa asing lainnya? 


    Jangan lupa cek jika nama kamu melanggar hak cipta atau hak paten yang telah terdaftar di Indonesia di sini.

  2. Tagline


    Tagline adalah perpanjangan tangan dari nama bisnis. Tagline yang ideal bersifat melengkapi nama bisnis kamu.


    Jika nama bisnis kamu tidak menggambarkan produk/servis yang kamu tawarkan dengan jelas, kamu bisa menggunakan tagline untuk melengkapi deskripsi bisnis kamu.


    Perlu diingat bahwa terkadang ada industri bisnis yang kurang cocok menggunakan tagline.

  3. Logo


    Jika poin 1 dan 2 menggambarkan branding dari sisi tulisan/copywriting, poin 3 ini lebih menekankan unsur visual dari branding. 


    Apakah logo bisnis kamu baiknya menggunakan logotype (tulisan saja, seperti Facebook) atau logogram (gambar saja, seperti Apple), atau gabungan keduanya.


  4. Warna Brand

    Ketika kami melakukan research kepada pemilik bisnis UMKM, banyak sekali yang merasa warna sebuah brand kurang penting dibandingkan elemen-elemen lainnya.


    Padahal, disadari atau pun tidak, warna sangat menentukan kepribadian bisnis kamu.


    Bisnis kamu didominasi warna hitam keemasan? Luxury goods.


    Bisnis kamu didominasi banyak warna cerah? Fun and creative.


    Buat kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, kami pernah menulis perihal psikologi warna dalam branding.

  5. Bahan Marketing Kit

    Jika tadi kita telah membahas branding dari sisi verbal dan visual, unsur kelima ini menekankan pada sisi sentuhan. 


    Signage bisnis kamu menggunakan metal? Modern.


    Signage bisnis kamu menggunakan kayu? Hip dan peduli lingkungan.

 

Masih banyak elemen-elemen branding yang tidak bisa kami jabarkan di satu artikel ini. Namun, kami berharap para pembaca setelah membaca artikel ini, kini lebih mengerti pentingnya branding dalam keberlangsungan sebuah bisnis.

 

Jika kamu sedang memulai sebuah bisnis, kami menawarkan free branding consultation hanya untuk kamu! Klik di sini untuk mendapatkan konsultasi branding gratismu sekarang!

Share This Article:

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Our Latest Thoughts

Branding Agency Jakarta

Apa Itu Branding?

Sebenarnya apa sih branding? Hubungannya apa dengan usaha yang sedang kalian jalani? Lalu, haruskah melakukan branding pada usaha kalian? Yuk cari tahu jawabannya, People!

Read More »

Ready to Kickstart Your Business?

Fill the form and our team will contact you within 1×24 hours.

Or you can call/Whatsapp us at

+6281-2300-97323 

for faster response

About Momentum Creative

PT Momentum Kreasi Indonesia adalah agensi branding, design, dan digital marketing berlokasi di Jakarta, Indonesia. Ragam servis yang kami tawarkan adalah corporate identity branding, design/penulisan annual/sustainability report, pembuatan marketing kit (company profile/brosur), hingga pembuatan kalender/agenda/greeting cards.

Our Office

  • Mediterania Garden K/23KG, Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Jakarta Barat 11470
  • (6221)2933-7142
  • (6281)2300-97-323
  • [email protected]

© PT Momentum Kreasi Indonesia 2018