Seluk Beluk yang Perlu Kamu Ketahui Saat Mendesain Logo Brand

Momentum Creative Branding Agency

Written by Momentum Creative

Logo adalah identitas bisnismu. Bagaimana kamu akan mendesainnya?

Kalau bisnis diibaratkan tubuh manusia, logo adalah bagian wajahnya, bagian yang paling terlihat dan dikenali. 

 

Tidak bisa dipungkiri jika logo menjadi salah satu elemen yang harus diprioritaskan ketika kamu akan membangun bisnis.

 

Setiap pebisnis pasti ingin mempunyai logo yang bagus, unik, dan dikenali oleh banyak orang. Tapi membuat logo tidak bisa sembarangan lho People. Bagaimana menciptakan sebuah logo yang bagus dan sesuai untuk brand kamu?

 

Ada 5 prinsip utama yang diterapkan dalam mendesain sebuah logo:

 

  • Simple: semakin simpel logo yang kamu buat, maka akan semakin mudah orang mengenalinya.
 
  • Memorable: hampir sama dengan prinsip simpel dalam mendesain logo, semakin mudah dikenal orang, semakin mudah untuk diingat oleh orang lain.
 
  • Versatile (multifungsi): yang dimaksudkan multifungsi di sini adalah logo ini bisa digunakan untuk berbagai media. Maka dari itu, disarankan untuk membuat logo dalam jenis vector. Sehingga nantinya mudah untuk menyesuaikan ukuran dan warna media yang digunakan.
 
  • Timeless: usahakan membuat sebuah logo yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Seandainya jika memang harus mendesain ulang logo, usahakan desain logo yang masih ada ‘benang merah’  dengan logo sebelumnya agar masyarakat masih bisa mengenali brand kamu.
 
  • Appropriate (sesuai/cocok): sesuaikan logo yang kamu buat dengan target audience kamu. Sebagai contoh, kamu membuat sebuah logo yang produk/service-nya ditujukan kepada anak-anak. Kamu bisa menggunakan tema imut dengan aneka warna dan jenis font yang cocok untuk anak-anak. Tidak mungkin jika logo yang terkesan ‘imut’ itu ditujukan untuk firma hukum.
 

Lalu, bagaimana agar bisa menciptakan sebuah logo yang pas untuk brand kamu?

 

Lakukan riset terlebih dahulu

 

Kamu bisa mencari tahu logo-logo seperti apa yang dibuat oleh para kompetitor kamu, terutama yang sudah ternama. Eiitsss, bukan berarti kamu meniru atau menjiplak konsep logo mereka. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep logo yang pas dengan bidang bisnis kamu. Karena bagaimanapun, logo harus dibuat sesuai dengan bisnis dan target audience-nya.

 

Desain logo yang unik

 

Berbagai macam jenis logo pernah dibuat, mulai dari hanya gambar atau tulisan saja, kombinasi gambar dan tulisan, dan masih banyak lagi. Berikut ini 7 jenis logo yang bisa kamu jadikan referensi untuk mendesain logo kamu.

 

Momentum Creative

Sumber: 99designs.com

 

Grafik di bawah ini merupakan informasi tambahan untuk bahan pertimbangan kamu dalam menentukan jenis logo. Kamu bisa lihat persentase jenis logo dan penggunaan warna logo dari brand top dunia.

psychology of color

 

 

Jangan remehkan kekuatan warna pada logo

 

Tahukah kamu jika warna bisa mempengaruhi psikologi, emosi, perilaku, dan keputusan seseorang? Selain itu, warna juga merupakan bentuk dari komunikasi non-verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna. Maka dari itu, bijak-bijaklah kamu ketika memilih warna untuk logomu. Sesuaikan warna yang kamu pilih dengan bisnis yang akan kamu bangun.

 

Lakukan public testing

 

Akan lebih baik jika kamu melakukan public testing untuk beberapa opsi logo yang sudah kamu buat dengan mengadakan survey sederhana. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah minta pendapat dan masukan orang-orang di sekitarmu (pilih yang sesuai dengan target audience-mu). Setelah itu, kamu putuskan mana yang akan menjadi logo brand kamu.

 

Gunakan jasa desainer/konsultan

 

Membuat logo memang pekerjaan yang gampang-gampang susah. Bukan hanya asal gambar, namun logo tersebut harus jadi identitas bisnismu. Kalau kamu masih bingung bagaimana membuat logo untuk bisnismu, kamu bisa menggunakan jasa desainer/konsultan yang memang sudah ahli.

 

For your info, Momentum Creative adalah sebuah corporate branding consultant dan digital agency di Jakarta Barat, Indonesia, yang berfokus kepada market research dan pengembangan sebuah brand. Projek branding yang kami lakukan selalu dimulai dari market dan competitor research hingga pembuatan/design logo, company profile, sampai ke website.

 

Selain corporate branding, Momentum juga dapat membantu kamu membuat company profile, iklan, packaging, juga digital marketing strategy.

 

Silahkan klik di sini jika kamu ingin mengkonsultasikan lebih lanjut mengenai branding dan logo untuk bisnis kamu. We welcome you. 

Share This Article:

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Our Latest Thoughts

Branding Agency Jakarta

Apa Itu Branding?

Sebenarnya apa sih branding? Hubungannya apa dengan usaha yang sedang kalian jalani? Lalu, haruskah melakukan branding pada usaha kalian? Yuk cari tahu jawabannya, People!

Read More »

Ready to Kickstart Your Business?

Fill the form and our team will contact you within 1×24 hours.

Or you can call/Whatsapp us at

+6281-2300-97323 

for faster response

About Momentum Creative

PT Momentum Kreasi Indonesia adalah agensi branding, design, dan digital marketing berlokasi di Jakarta, Indonesia. Ragam servis yang kami tawarkan adalah corporate identity branding, design/penulisan annual/sustainability report, pembuatan marketing kit (company profile/brosur), hingga pembuatan kalender/agenda/greeting cards.

Our Office

  • Mediterania Garden K/23KG, Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Jakarta Barat 11470
  • (6221)2933-7142
  • (6281)2300-97-323
  • [email protected]

© PT Momentum Kreasi Indonesia 2018