Hati-hati Tersandung Kasus Hukum Karena Surat Ijin Usaha Kalian
Belum Lengkap

Momentum Creative Branding Agency

Written by Momentum Creative

Legalitas dalam bisnis jadi salah satu persiapan yang wajib kamu urus, ya People. Memang terkesan ‘ribet’, namun semua demi kelancaran usahamu lho.  

Siapa dari kalian yang mau tersandung masalah hukum? Pastinya tidak ada ya People. Tidak untuk kehidupan sehari-hari apalagi dalam berbisnis.

 

Berbicara mengenai berbisnis dan kaitannya dengan hukum, kita tidak bisa sembarangan membuka usaha yang berbadan hukum, baik itu dalam bentuk CV, Firma, ataupun PT.  Kalian harus mengurus perizinannya agar bisnis itu sah di mata hukum negara. Dengan melengkapi semua dokumen perizinan yang dibutuhkan, kalian akan mengawali bisnis dengan tenang. Jadi, tidak perlu khawatir dengan masalah hukum yang berkaitan dengan perizinan usaha kalian.

 

Berikut ini ada 5 dokumen wajib diurus jika kalian mau membangun bisnis berbentuk CV, Firma, ataupun PT. Tentunya, peraturan ini hanya berlaku di Indonesia ya People (beda negara sudah pasti beda peraturan).

 

Akta Pendirian Perusahaan

 

Bagi kalian yang mau membuka usaha yang berbadan hukum berbentuk firma, CV (Comanditaire Venootschap), maupun PT (Perseroan Terbatas), diwajibkan untuk membuat Akta Pendirian Usaha yang dibuat di hadapan notaris.

 

Nantinya perusahaan kalian akan didaftarkan ke Pengadilan Negeri setempat dan mendapatkan persetujuan dari Kemenhukam (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia). Setelah itu, barulah perusahaan kalian sah di mata negara.

 

Apa saja isi di dalam akta ini? Di dalamnya akan tercantum: tanggal pendirian usaha, bentuk dan nama usaha, nama para pendiri, alamat tempat usaha, besar modal usaha, dan sebagainya.

 

Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

 

Dokumen lainnya yang harus kalian urus adalah SKDU, dokumen sah dari pemerintah sebagai pemberian izin mengenai informasi lokasi atau tempat usaha itu berdiri. Harus banget ya punya SKDU? Jawabannya iya. Kenapa? Karena SKDU ini menjadi salah satu dokumen yang harus kalian sertakan saat mau mengurus dokumen-dokumen pokok lainnya seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha (SIUP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

 

Untuk mendapatkan SKDU ini cukup mudah lho People. Pertama, kalian minta surat pengantar dari RT/RW atau Surat Keterangan Gedung (SKDG), setelah itu baru mengurusnya di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kelurahan setempat. Asalkan semua persyaratan sudah terpenuhi, SKDU kalian bisa selesai dalam waktu kurang lebih satu hari sampai dua minggu.

 

Untuk masa berlakunya, kalian harus memperbaharuinya setiap lima tahun sekali atau ketika ada perubahan domisili usaha. Info tambahan lainnya terkait dengan SKDU, kalian tidak dikenakan biaya apapun alias gratis selama proses permohonan SKDU ini ya People.

 

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

 

Saat ini, semua WNI yang berpenghasilan maupun badan usaha yang berjalan wajib untuk memiliki NPWP. Pembuatan NPWP baik pribadi maupun perusahaan bisa dilakukan secara online dan offline.  

 

Secara online  

 

Untuk mempermudah semuanya, pemerintah menyediakan pendaftaran NPWP secara online. Kalian bisa langsung mengunjungi situs Dirjen Pajak di www.pajak.go.id dan pilih menu e-Registration.

 

Kalian tinggal mengikuti setiap langkahnya yang tertera di halaman tersebut dan isi datanya dengan benar. Tenang saja, People, semua keterangan yang ada cukup jelas dan mudah dimengerti. Dijamin kalian tidak akan mengalami kesulitan yang berarti ketika mengisi formulir online tersebut.

 

Untuk berkas-berkas yang mereka minta untuk dilampirkan, bisa kalian scan kemudian digabungkan menjadi 1 file. Setelah itu baru kalian unggah file tersebut melalui sistem e-Registration tadi.

 

Secara offline  

 

  1.  Mengunjungi KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat dari tempat usaha

 

Saat mengunjungi KPP, jangan lupa untuk membawa berkas asli dan fotokopi-an persyaratan yang diminta. Sama halnya dengan sistem online, kalian juga harus mengisi formulir pengajuan NPWP setelah itu serahkan ke petugas. NPWP kalian bisa jadi dalam satu hari kerja.

 

  1.  Menggunakan jasa Pos atau ekspedisi (kurir)

 

Cara ini bisa kalian tempuh ketika lokasi KPP-nya terlalu jauh dari tempat usaha kalian. Caranya sama dengan yang di KPP, kalian mengisi formulir yang disediakan kemudian akan dikirim ke KPP beserta dengan berkas-berkas persyaratan.

 

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

 

Untuk melegalkan bisnis di mata hukum, kalian harus mendapatkan izin usaha dalam bentuk Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Dokumen ini bersifat wajib bagi setiap usaha baik dalam bentuk perseorangan ataupun badan usaha.   

 

SIUP ini ada banyak jenisnya tergantung dari modal dan kekayaan bersih usaha (diluar lahan dan bangunan):

  • SIUP Mikro (< Rp50 juta)
  • SIUP Kecil (Rp50 juta – Rp500 juta)
  • SIUP Menengah (Rp500 juta – Rp10 Miliar)
  • SIUP Besar (> Rp10 Miliar)

 

Bagi kalian yang mau mengajukan permohonan SIUP, bisa mengunjungi Kantor DInas Perdagangan tingkat kabupaten/kota atau di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu. Khusus warga yang mau mengurus SIUP Menengah dan Besar di DKI Jakarta, bisa dilakukan melalui online di Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP).

 

Selain itu, ada pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang yaitu jika seorang pebisnis memiliki beberapa bidang usaha, apakah satu SIUP akan berlaku untuk semua bisnisnya? Jawabannya adalah SIUP hanya berlaku untuk satu jenis usaha saja ya, People. Jadi jika kalian mempunyai usaha lebih dari satu, jumlah SIUP-nya juga akan lebih dari satu, sesuai dengan jumlah usaha yang kalian miliki.

 

Terkait dengan masa berlaku SIUP, semenjak Februari 2017, peraturan kewajiban pendaftaran ulang SIUP telah dihapus oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Dengan kata lain, SIUP kalian tidak perlu diperpanjang setiap lima tahun. Yeay!

 

Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

 

Bukti dari perusahan kalian sudah terdaftar dan disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan  adalah dengan diterbitkannya Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

 

Pendaftaran ini wajib kalian lakukan maksimal tiga bulan sejak perusahaan sudah mulai berjalan. Untungnya, saat ini pendaftaran TDP sudah dipermudah dengan pendaftaran online bersamaan dengan pendaftaran SIUP di Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP).

 

Penghapusan kewajiban pendaftaran ulang SIUP juga berlaku untuk TDP. Kalian tidak perlu untuk melakukan perpanjangan TDP setiap lima tahun sekali. Dengan adanya peraturan baru ini, prosedur perizinan usaha semakin mudah ya, People.

 

Berkas perizinan usaha di atas merupakan surat ijin utama yang harus diurus. Masih ada banyak dokumen penting lainnya, semua kembali lagi pada bisnis apa yang kalian jalani. Usahakan semuanya kalian urus dengan baik ya People. Karena kembali lagi, ini semua demi kelancaran bisnis kalian.

 

Kalau kalian bingung karena urusan perizinan, silahkan menggunakan jasa notaris. Tapi, untuk masalah branding bisnis kalian, bisa langsung klik di sini agar kami bisa membantu dalam perencanaan detil bisnis kalian.

 

For your info, Momentum Creative adalah sebuah corporate branding consultant dan digital agency di Jakarta Barat, Indonesia, yang berfokus kepada market research dan pengembangan sebuah brand. Projek branding yang kami lakukan selalu dimulai dari market dan competitor research hingga pembuatan/design logo, company profile, sampai ke website.

 

Selain corporate branding, Momentum juga dapat membantu kamu membuat company profile, website, iklan, packaging, juga digital marketing strategy.

 

We welcome you, People! 

Share This Article:

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Our Latest Thoughts

Branding Agency Jakarta

Apa Itu Branding?

Sebenarnya apa sih branding? Hubungannya apa dengan usaha yang sedang kalian jalani? Lalu, haruskah melakukan branding pada usaha kalian? Yuk cari tahu jawabannya, People!

Read More »

Ready to Kickstart Your Business?

Fill the form and our team will contact you within 1×24 hours.

Or you can call/Whatsapp us at

+6281-2300-97323 

for faster response

About Momentum Creative

PT Momentum Kreasi Indonesia adalah agensi branding, design, dan digital marketing berlokasi di Jakarta, Indonesia. Ragam servis yang kami tawarkan adalah corporate identity branding, design/penulisan annual/sustainability report, pembuatan marketing kit (company profile/brosur), hingga pembuatan kalender/agenda/greeting cards.

Our Office

  • Mediterania Garden K/23KG, Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Jakarta Barat 11470
  • (6221)2933-7142
  • (6281)2300-97-323
  • [email protected]

© PT Momentum Kreasi Indonesia 2018