Jangan Jadi Pengusaha Kalau Kalian Belum Lakukan 6 Hal Ini

Momentum Creative Branding Agency

Written by Momentum Creative

“Opportunities don’t happen. You create them.” Chris Grosser– 

Tidak sedikit orang yang mencoba peruntungan ekonominya dengan membuka bisnis. Mulai dari remaja, mahasiswa baru lulus dan karyawan yang punya usaha online sampai ada yang rela resign untuk fokus pada bisnis barunya.

 

Sebenarnya membangun bisnis baru itu gampang-gampang susah lho. Bagian gampangnya adalah kita hidup di era digital, di mana ada banyak sekali media yang bisa digunakan misalnya dengan menggunakan media sosial atau bergabung dalam e-commerce. Belum lagi dengan adanya internet, informasi semakin mudah diakses tanpa mengenal keterbatasan waktu dan jarak.

 

Nah, bagian susahnya adalah ada banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum membuka bisnis. Demi kelancaran kamu selama bisnis kamu berjalan, berikut ini hal-hal yang wajib kamu siapkan, People:

 

Tentukan jenis bisnis kamu

 

Sudah punya niat dan tekad untuk buka usaha? Saatnya kamu tentukan mau buka bisnis apa. Ada banyak bidang bisnis yang bisa kamu geluti, mulai dari kuliner, fashion, kreatif, properti, pariwisata, dan masih banyak lagi.

 

Dalam hal ini, kamu dituntut untuk menjadi kreatif dan inovatif. Kenapa? Karena kamu bersaing dengan jutaan pebisnis lain. Semua sama-sama berjuang bagaimana produk/jasa yang ditawarkan bisa laku dan disukai oleh pelanggan/klien.

 

Kalau bingung mau mulai darimana, cobalah berbisnis sesuai kesukaan/hobimu. Dari situ kamu kembangkan menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Buat sebuah produk/jasa yang unik dan berbeda dari yang lain. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih unggul dibandingkan kompetitormu yang lain.

 

Lakukan survei

 

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu. Untuk apa? Survei ini nantinya akan membantu melihat seberapa besar peluang kesuksesanmu.

Ada tiga survei yang harus kamu lakukan:

 

  • Perilaku konsumen

 

Setiap pengusaha pasti ingin bisnisnya berjalan lancar dan bisa menghasilkan omzet sebesar-besarnya. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara agar bisnis kamu ini menjadi sukses besar. Harus ada perencanaan yang matang didukung dengan riset pasar yang kamu lakukan.

 

Survei pertama ini akan membantu menentukan minat dan pola konsumsi target market kamu. Buatlah beberapa pertanyaan seputaran dengan ide bisnismu, apa yang mereka butuhkan dan inginkan, dan cari tahu juga bagaimana pola konsumsi mereka. Kamu akan lebih memahami pelanggan kamu lebih baik lagi.

 

  • Analisa kompetitor

 

Karena bisnismu bukanlah bisnis monopoli, kamu akan memiliki pesaing bisnis. Nah, mengapa kamu harus intip-intip usaha kompetitormu? Karena kamu harus mengetahui apa yang dijual mereka, service yang seperti apa yang mereka berikan kepada pelanggan mereka, apa yang membuat pelanggan mereka loyal pada mereka.

 

Dengan begitu, kamu bisa membandingkan dengan apa yang akan berikan kepada pelanggan kamu sendiri. Selain itu, dengan kamu mengetahui bisnis mereka, kamu bisa membuat keunikan bisnismu sendiri. Itu yang akan menjadi daya tarik yang tidak dimiliki oleh kompetitor kamu.

 

  • Tempat usaha

 

Berbicara mengenai tempat usaha, mungkin di era digital ini sudah tidak perlu terlalu dipikirkan. Semua bisa dilakukan di manapun asal kamu punya device berupa smartphones atau laptop dan juga internet.

 

Beda kasusnya kalau kamu memang mau punya sebuah toko atau kantor. Tentu kamu harus menyesuaikan dengan bisnis yang kamu jalani. Pertimbangkan secara matang ketika kamu sudah memutuskan lokasinya ya, People! 

 

Buatlah rencana bisnis

 

Bisnis bukanlah sebuah game yang bisa kamu mainkan secara asal. Salah satu rahasia sebuah bisnis menjadi sukses adalah perencanaan yang efektif dan efisien. Survei yang sudah kamu lakukan akan membantu kamu dalam merencanakan bisnismu.

 

Rencana yang kamu buat, jangan cuma 1 aja ya, People. Kamu harus punya plan A, B, C bahkan sampai Z. Karena tidak ada bisnis yang berjalan semulus jalan tol. Pasti ada saja hambatan yang akan dihadapi. Dengan persiapan yang matang, kamu akan bisa melewatinya dengan baik kok.

 

Persiapkan modal yang cukup

 

Semua bisnis pastinya membutuhkan yang namanya modal. Paling tidak, kamu punya sebuah smartphones, pulsa, dan paket internet/wifi. Tapi semuanya kembali dengan bisnis apa yang kamu jalani.

 

Kalau usaha yang kamu jalani masih skala kecil, lebih baik untuk menggunakan dana sendiri. Bagaimana kalau kamu mau membangun bisnis yang besar? Darimana kamu bisa mendapatkan modal selain dari kantong pribadimu? Cara lain yang bisa kamu tempuh adalah dengan mendapatkan investor yang mau bekerja sama dan pinjaman dari bank. Untuk urusan pinjam meminjam dengan bank, kalian harus mempertimbangkannya dengan baik lho People. Jangan sampai nanti kalian malah bingung bagaimana melunasi hutang.

 

Selain itu, ada salah satu trik yang wajib kamu tahu yaitu jangan pernah menghabiskan seluruh modal yang kamu punya ya. Usahakan untuk menyisihkan 40% dari seluruh modal yang kamu miliki. Ini akan menjadi uang pegangan jika bisnis tidak berjalan mulus. Dengan sisa modal yang ada, kamu bisa membangun kembali atau mengganti usahamu. Jadi, lebih baik berjaga-jaga dengan menyisihkan modal yang ada ya People.

 

Daftarkan bisnis kamu

 

Sebagai warga negara yang baik dan agar bisnis kamu bisa berjalan tanpa ada hambatan hukum berupa masalah perijinan, jangan lupa untuk mendaftarkan usaha kamu ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan di kota tempat kamu membangun bisnis.

 

Setelah kamu daftarkan, kamu akan mendapatkan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP). Surat ini merupakan alat pengesahan dari pemerintah. Selain itu, kamu juga harus rajin bayar pajak usaha ya. Bisa-bisa kamu kena denda lho kalau sampai jatuh tempo. 

 

Bangun mental yang kuat

 

Jika biasanya kamu hanya berperan sebagai ‘ekor’, maka ketika kamu mempunyai bisnis sendiri, kamu akan menjadi ‘kepala’. Kamu yang akan memegang kendali penuh akan dibawa ke mana bisnis kamu. Belum lagi, ada banyak masalah yang akan dihadapi selama menjalankan bisnis. Kamu harus tegas, ‘tahan banting’ dan pantang menyerah, People.

 

Sudah punya konsep dan rencana bisnis? Saatnya untuk mulai memikirkan masalah branding nih People. For your info, Momentum Creative adalah sebuah corporate branding consultant dan digital agency di Jakarta Barat, Indonesia, yang berfokus kepada market research dan pengembangan sebuah brand. Projek branding yang kami lakukan selalu dimulai dari market dan competitor research hingga pembuatan/design logo, company profile, sampai ke website.

 

Selain corporate branding, Momentum juga dapat membantu kamu membuat company profile, website, iklan, packaging, juga digital marketing strategy.

 

Klik di sini untuk agar kami bisa membantu dalam perencanaan detil bisnis kamu ya, People.

Share This Article:

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Our Latest Thoughts

Branding Agency Jakarta

Apa Itu Branding?

Sebenarnya apa sih branding? Hubungannya apa dengan usaha yang sedang kalian jalani? Lalu, haruskah melakukan branding pada usaha kalian? Yuk cari tahu jawabannya, People!

Read More »

Ready to Kickstart Your Business?

Fill the form and our team will contact you within 1×24 hours.

Or you can call/Whatsapp us at

+6281-2300-97323 

for faster response

About Momentum Creative

PT Momentum Kreasi Indonesia adalah agensi branding, design, dan digital marketing berlokasi di Jakarta, Indonesia. Ragam servis yang kami tawarkan adalah corporate identity branding, design/penulisan annual/sustainability report, pembuatan marketing kit (company profile/brosur), hingga pembuatan kalender/agenda/greeting cards.

Our Office

  • Mediterania Garden K/23KG, Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Jakarta Barat 11470
  • (6221)2933-7142
  • (6281)2300-97-323
  • [email protected]

© PT Momentum Kreasi Indonesia 2018