Branding: Wajib Dibaca oleh
Calon Pebisnis Sukses

Momentum Creative Branding Agency

Written by Momentum Creative

“A brand for a company is like a reputation for a person. You earn reputation by trying to do hard things well.” -Jeff Bezos-

Menurut kamu, apa itu branding? Banyak orang mengira branding hanyalah sebuah nama, slogan, simbol atau design, dan sebagainya. Namun saat ini, kamu harus tahu bahwa branding lebih kompleks dari apa yang terlihat. Apalagi dalam dunia marketing, branding bukanlah hal yang sepele.

 

Ada banyak definisi mengenai brand. Salah satu yang terkenal dari Marty Neumeier dalam bukunya The Brand Gap yang menyatakan:

 

“[A brand] is a person’s gut feeling about a product, service or company. While companies can’t control this process, they can influence it by communicating the qualities that make this product different from that product. When enough people arrive at the same feeling, a company can be said to have a brand. A brand is not what you say it is – it’s what they say it is.”

 

Masih bingung? Coba kita ambil contoh dari brand lain. Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar “Volvo”? Mungkin beberapa dari kamu akan berpikir: classy, nyaman, tangguh, aman, Swedish, dan sebagainya. Ini merupakan sebagian kecil dari branding. Apa yang dirasa dan dipikirkan dalam benak masyarakat tentang brandmu.

 

Maka dari itu, branding menjadi salah satu elemen fundamental dalam segala bidang bisnis. Jika kamu memiliki strategi branding yang baik dan efektif, bisnis kamu akan berkembang pesat. Hal sebaliknya bisa terjadi apabila kamu tidak mengetahui apa yang harus dilakukan agar branding usaha kamu menjadi kuat.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa salah kaprah mengenai branding:

 

Brand bukan hanya sebuah nama – Sama halnya dengan manusia yang harus memiliki nama, usaha yang kamu jalankan juga butuh sebuah nama agar orang lain mengetahui bisnismu.

 

Brand bukan hanya sebuah logo – Sudah punya nama, kamu butuh logo sebagai ‘wajah’ untuk bisnis kamu.  Masyarakat akan mengenali kamu dengan hanya melihat logo. Meskipun mereka tidak tahu apa nama bisnismu, biasanya mereka akan lebih mengenali logo lebih dahulu.

 

Website/social media – Tugas website dan media sosial adalah sebagai tempat di mana netizen bisa melihat bisnis kamu secara virtual. Semua informasi mengenai bisnis kamu bisa dimasukkan ke dalamnya. Desain website, konten di media sosial dan website, dan bagaimana kamu berinteraksi dengan netizen juga merupakan bagian dari branding lho.

 

Brandmu bukanlah seperti apa yang yang kamu katakan – Sebagai pemilik, kamu sudah tahu seperti apa bisnis kamu sebenarnya. Namun dalam urusan branding, yang dilihat bukanlah pendapatmu melainkan penilaian dari masyarakat. Mereka yang akan berpendapat seperti apa bisnis kamu.

 

Branding berbeda dengan marketing – Branding merupakan bagian dalam marketing. Salah satu kegiatannya adalah mempromosikan produk/service dari brandmu. Akan ada strategi yang bisa menarik orang untuk mengenal brandmu dan menjadikannya top of mind.

 

Segala aspek dalam bisnis harus direncanakan dengan baik sehingga bisa dijadikan strategi branding yang efektif untuk bisnis kamu. Kamu harus memperhatikan semua detil bahkan sampai ke hal-hal yang dianggap sepele. Seperti bagaimana cara kamu menjawab telepon dan email, menyapa klien/pelanggan, packaging, pemilihan desain dan warna dan masih banyak lagi. Itu semua masuk ke dalam branding.

 

branding Jakarta

Sumber: Bench/ Mark

 

Lalu, mengapa branding menjadi hal yang esensial dalam membangun bisnis?

 

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa branding bukanlah hal yang bisa disepelekan dalam membangun bisnismu. Branding adalah sebuah fondasi untuk bisnismu. Kamu harus membangun sebuah fondasi yang kuat agar bisnis kamu bisa berdiri teguh.

 

Selain itu, branding juga merupakan sebuah ‘janji’ kepada pelanggan/klienmu. Apa yang dilabelkan pada bisnismu akan memperlihatkan bagaimana brand kamu di mata mereka.

 

Coba kamu pikirkan bagaimana bisnismu bisa bertahan dari kerasnya persaingan saat ini? Ditambah lagi ekonomi kreatif yang sedang sangat berkembang. Sudah tidak diragukan jika akan ada banyak bisnis yang mirip atau bahkan sama dengan kamu. Lalu bagaimana caranya agar calon pelanggan/klien bisa memilih kamu? Di sinilah peran brand kamu menentukan keberhasilan bisnismu.

 

Kompetisi bisnis menuntut kamu untuk menciptakan sebuah brand yang unik agar bisa lebih menonjol dari kompetitor lain. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah membuat sebuah strategi branding melalui pendekatan secara emosional dengan para klien/pelanggan. Dengan begitu, mereka akan lebih percaya dan menjadi loyal pada brandmu.

 

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana kamu bisa membuat sebuah brand yang melekat di benak pelanggan/klienmu? Kamu bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini untuk meningkatkan nilai brand kamu di mata mereka.

 

  • Ciptakan sebuah logo yang menarik. Ini akan mempermudah calon pelanggan/klien kamu mengenali bisnismu.

 

  • Rencanakan branding sampai ke hal terkecil. Branding akan mencakup segala aspek dalam bisnismu, bahkan dari hal-hal yang sepele sekalipun. Salah satunya adalah bagaimana cara kamu menjawab telepon dan membalas email.

 

  • Buatlah sebuah tagline. Ciptakan sebuah frasa yang benar-benar menggambarkan brand kamu.

 

  • Desain template untuk semua materi marketing bisnis. Kamu bisa menggunakan tema warna dan template yang sama kemudian diaplikasikan untuk semua materi marketing kamu.

 

  • Tepati ‘janji’ brand kamu. Selama kamu menepati janji kepada pelanggan/klien kamu, mereka akan lebih percaya dan setia pada brandmu.

 

  • Harus konsisten. Poin terakhir ini merupakan yang terpenting. Semua poin di atas bisa berhasil jika dilakukan secara konsisten.

 

Yang namanya branding memang gampang-gampang susah, People. Nah, buat kamu yang masih bingung, silakan klik di sini agar kami bisa memberikan solusi terbaik untuk kamu ya.

 

For your info, Momentum Creative adalah sebuah corporate branding consultant dan digital agency di Jakarta Barat, Indonesia, yang berfokus kepada market research dan pengembangan sebuah brand. Projek branding yang kami lakukan selalu dimulai dari market dan competitor research hingga pembuatan/design logo, company profile, sampai ke website.

 

Selain corporate branding, Momentum juga dapat membantu kamu membuat company profile, website, iklan, packaging, juga digital marketing strategy.

 

So, feel free to contact us ya People! We welcome you.

Share This Article:

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Our Latest Thoughts

Branding Agency Jakarta

Apa Itu Branding?

Sebenarnya apa sih branding? Hubungannya apa dengan usaha yang sedang kalian jalani? Lalu, haruskah melakukan branding pada usaha kalian? Yuk cari tahu jawabannya, People!

Read More »

Ready to Kickstart Your Business?

Fill the form and our team will contact you 

within 1×24 hours.

Or you can call/Whatsapp us at

+6281-2300-97323 

for faster response

About Momentum Creative

PT Momentum Kreasi Indonesia adalah agensi branding, design, dan digital marketing berlokasi di Jakarta, Indonesia. Ragam servis yang kami tawarkan adalah corporate identity branding, design/penulisan annual/sustainability report, pembuatan marketing kit (company profile/brosur), hingga pembuatan kalender/agenda/greeting cards.

Our Office

  • Mediterania Garden K/23KG, Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Jakarta Barat 11470
  • (6221)2933-7142
  • (6281)2300-97-323
  • [email protected]

© PT Momentum Kreasi Indonesia 2018