Ubah Strategi Digital Marketing Bisnis Kamu di tahun 2018

Momentum Creative Branding Agency

Written by Momentum Creative

Kegiatan marketing tidak akan mungkin dilepaskan dalam sebuah bisnis. Seiring perkembangan zaman dan bisnis, strategi marketing pun ikut berubah lho, People

Tak terasa saat ini kita sudah berada di tahun 2017 dan akan menyambut tahun 2018. Namun kehidupan sehari-hari yang berjalan saat ini, masih saja sama di mana manusia tidak akan pernah terlepas dari internet, digital, dan marketing. Sebagai pebisnis, tentu kamu harus terus mengikuti trend yang berganti demi mempertahankan bisnis kamu. Lalu apa saja prediksi trend digital marketing di tahun 2018? Let’s check this out.

 

Customer experience

 

Hampir segala bidang usaha berubah dari yang tadinya konvensional menjadi digital. Salah satu yang harus ditingkatkan dan menjadi perhatian bagi banyak pebisnis ketika semua aspek mulai bergeser menjadi digital adalah customer experience. Banyak dari pelaku bisnis kemudian berlomba bagaimana menciptakan strategi terbaik untuk customer experience ini. Tertulis juga dalam Accenture Interaction’s Fjord Trends 10th Edition yang menjelaskan strategi baru digunakan untuk menarik customers adalah  konten yang lebih pendek, lebih instan dan personal. Video dan infografik diprediksi akan lebih disukai dibanding dengan konten lainnya. 

 

Content Marketing

 

DI tahun 2018, konten marketing akan mendapat perhatian lebih, khususnya untuk para marketers dalam B2B maupun B2C. Hal ini dikarenakan adanya keterkaitan langsung dari konten itu sendiri terhadap publikasi, pemilihan angle dan juga jumlah interaksi dengan pelanggan/klien. Untuk lebih meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan mereka, maka diprediksi di tahun 2018 akan berfokus pada konten-konten yang bersifat sebagai pembelajaran, gangguan/masalah, dan riset-riset tertentu. Dengan begitu akan tercipta rasa percaya dari para pelanggan/klien terhadap brand kamu.

 

Mulai dengan Chatbots

Source: Brand24

Bagi beberapa dari kamu ada yang masih belum familiar dengan chatbots. Sebenarnya ini merupakan salah satu program yang sudah hampir ada di semua smartphone. Lebih mudahnya, chatbots ini adalah asisten virtual yang didesain khusus dari artificial intelligence untuk membantu kamu menjawab semua pertanyaan bukan hanya dengan basis text tapi juga dari basis suara. Jadi kamu seolah sedang bertanya dengan orang lain.

 

Tantangan yang dihadapi oleh kamu sebagai pebisnis adalah bagaimana untuk menciptakan user experience yang lebih baik dari customer service yang biasa, tentunya dengan menggunakan data pelanggan yang valid. Belum lagi seiring bertambah canggihnya teknologi, saat ini artificial intelligence sudah digantikan dengan “artificial empathy”. Chatbots nantinya akan bisa memenuhi ekspektasi setiap pelanggan yang ada dengan berbagai tugas/pertanyaan yang diberikan.

 

Keefektifan Endorsement

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial mengambil peran besar dalam menjalankan marketing suatu bisnis. Trend “endorsement” masih sangat digemari dan dianggap efektif untuk mengiklankan suatu produk/jasa. Alasannya? Sangat mudah, hal ini dikarenakan popularitas para selebriti/influencer yang mampu menjangkau ratusan ribu hingga jutaan pengikut mereka di media sosial. Target audience-nya juga lebih mudah dicapai karena setiap selebriti/influencer mempunyai segment-nya masing-masing.

 

#nofilter Konten di Media Sosial

 

Kembali lagi pada penggunaan media sosial. Begitu banyak foto yang diunggah dan tersebar di media sosial, hampir semua dari foto tersebut bukan original atau sudah diedit terlebih dahulu agar terlihat lebih bagus. Kalau dalam urusan menjalankan bisnis, ketidak aslian suatu foto/gambar ternyata mempengaruhi keputusan pengguna untuk mencoba suatu barang yang dipromosikan. Bagaimana bisa kamu membeli barang yang jika dilihat dari secara visual saja sudah meragukan karena hasil edit yang berlebihan?

 

Konten yang diperuntukan bisnis dalam media sosial akan lebih baik jika diunggah sebagaimana aslinya. Jika memang perlu diedit agar lebih bagus, lakukan sewajarnya tanpa mengubah wujud asli dari barang tersebut. Selain menggunakan foto/video untuk mempromosikan barang/jasa kamu, ada banyak fitur-fitur menarik lainnya yang disediakan masing-masing media sosial. Salah satunya kamu bisa menggunakan live video, tentunya tanpa kamu bubuhi dengan filter-filter tertentu. Dengan begitu kamu akan dikenal sebagai ‘trusted brand’ .

 

Sudahkah kamu mendapatkan ide untuk mengubah strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi? Tenang saja, karena masih ada ‘banyak jalan menuju Roma’. Kamu bisa menggunakan berbagai cara dalam digital marketing. Kalau kamu masih bingung, klik di sini untuk berkonsultasi gratis mengenai solusi terbaik untuk bisnis kamu. Momentum Creative siap membantu kamu.

Share This Article:

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Our Latest Thoughts

Branding Agency Jakarta

Apa Itu Branding?

Sebenarnya apa sih branding? Hubungannya apa dengan usaha yang sedang kalian jalani? Lalu, haruskah melakukan branding pada usaha kalian? Yuk cari tahu jawabannya, People!

Read More »

Ready to Kickstart Your Business?

Fill the form and our team will contact you within 1×24 hours.

Or you can call/Whatsapp us at

+6281-2300-97323 

for faster response

About Momentum Creative

PT Momentum Kreasi Indonesia adalah agensi branding, design, dan digital marketing berlokasi di Jakarta, Indonesia. Ragam servis yang kami tawarkan adalah corporate identity branding, design/penulisan annual/sustainability report, pembuatan marketing kit (company profile/brosur), hingga pembuatan kalender/agenda/greeting cards.

Our Office

  • Mediterania Garden K/23KG, Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Jakarta Barat 11470
  • (6221)2933-7142
  • (6281)2300-97-323
  • [email protected]

© PT Momentum Kreasi Indonesia 2018