Lakukan Branding Semudah PDKT-an Dengan Gebetan Kamu!

Momentum Creative Branding Agency

Written by Momentum Creative

“If you are not emotionally involved, your client is not getting your best effort.” -Joe Jamail-

Ada yang bilang kalau membangun sebuah bisnis itu layaknya membesarkan seorang anak. Kamu harus memperhatikan setiap perkembangannya sedetil mungkin dari awal hingga menjadi besar dan hebat. Tentu ini bukan perkara mudah dan tidak bisa diwujudkan secara instan.

 

Salah satu bagian yang paling esensial dalam bisnis adalah proses branding. Untuk memudahkan kamu, kita analogikan branding seperti proses PDKT (pendekatan) dengan gebetan/pacar aka klien kamu nanti. Intip 5 tips branding ini ya.

 

Lakukan riset pemasaran

 

MomentumPDKTBranding-1

 

Coba kamu bayangkan saat kamu akan melakukan PDKT dengan seseorang. Apa yang pertama kali akan kamu lakukan? Langsung asal pilih orangnya atau lakukan screening dulu? Well, normalnya kebanyakan orang akan memilih seseorang yang paling cocok dengan pribadinya.

 

Analogi ini bisa kamu terapkan ketika kamu akan melakukan branding dalam bisnis kamu. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset pemasaran terlebih dahulu. Mengapa? Karena dengan adanya riset ini dapat membantu kamu dalam merencanakan akan seperti apa bisnismu nantinya. Pasti kamu tidak mau kan kalau sampai salah memilih target dan malah akan merusak apa yang sudah kamu rencanakan.

 

Sebuah riset pemasaran bisa dibilang sebagai penilaian dari trial&error untuk bisnis kamu. Apakah yang selama ini bisnis kamu sudah berjalan dengan baik atau masih harus dilakukan beberapa perbaikan untuk bisa memperbaiki masalah yang ada.

 

Bagaimana cara melakukannya? Kamu mulai dengan membuat beberapa pertanyaan terkait dengan bisnismu kemudian lakukan wawancara kepada pelanggan/klien atau mungkin juga dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD).

 

Fokus pada keunikan brand kamu

 

Momentum Creative PDKTBranding-2

 

Kembali lagi pada analogi PDKT, ceritanya kamu sudah menentukan pilihanmu. Untuk mendekati dia ternyata tidak mudah. Masih banyak saingan kamu yang juga berusaha untuk menarik perhatiannya. Apa yang kamu lakukan supaya kamu bisa dilirik sama dia?

 

Sama halnya dengan bisnis kamu yang tentu bukan sebuah bisnis monopoli, tetapi kamu bersaing dengan ribuan pengusaha yang memiliki bisnis serupa bahkan sama persis dengan kamu.

 

Coba kamu pikirkan mengenai suatu hal yang unik dan tidak dimiliki oleh pesaing kamu. Perbedaan yang kamu miliki ini akan menjadi nilai tambahmu di mata potensial klien/pelangganmu. Hal yang tidak mereka temukan pada brand lain sehingga mau tidak mau mereka akan mencari kamu. Keunikan ini akan menjadi ‘senjata’ menuju kesuksesan kamu.

 

Buat nama brand yang sesuai dengan bisnis kamu

 

Momentum Creative PDKTBranding-3

 

Ketika kamu sudah mulai dilirik sama calon gebetan/pacarmu karena kamu unik dibanding yang lain, kamu bisa buat ‘trademark’ untuk dirimu sendiri supaya semakin mudah dikenali oleh calon gebetan/pacarmu.

 

Jika diterapkan dalam dunia bisnis, kamu harus memilih sebuah nama yang cocok dan mampu untuk menyampaikan ‘pesan’ kepada setiap klien dan pelangganmu.

 

Ada banyak kata yang bisa kamu ambil untuk bisa dijadikan sebagai nama brand kamu. Bisa dari nama pemilik bisnis (contoh: Hewlett-Packard), kegiatan bisnis kamu (contoh: Southwest Airlines, EasyMail), mendeskripsikan pengalaman atau citra bisnis (contoh: Si Cepat), mengambil sebuah kata di luar konteks aslinya (contoh: Apple), dan membuat sebuah kata baru (contoh: Google).

 

Tips lainnya yang tidak kalah penting, hindari membuat sebuah nama brand yang sulit untuk dilafalkan dan dihafalkan.

 

Ciptakan ketertarikkan secara emosional

 

Momentum Creative PDKTBranding-4

 

Saatnya membuat langkah baru. Kamu lakukan pendekatan kepada calon gebetan/pacar kamu secara perlahan. Tidak usah terburu-buru, nanti dia malah kabur karena merasa takut dengan kamu. Ingat yang dikatakan banyak orang ‘perlahan tapi pasti’. Dijamin lebih manjur dibandingkan dengan yang tergesah-gesah dan terkesan dipaksakan.

 

Melakukan branding pun sama, harus dilakukan secara perlahan. Para psikolog menemukan bahwa 90% dari komunikasi merupakan komunikasi non-verbal. Banyak bisnis bisa memiliki branding baik, bukan hanya karena pemilihan namanya yang baik namun juga mereka melakukan pendekatan secara emosional kepada para pelanggan/klien.

 

Salah satu cara termudah adalah dengan penggunaan warna yang tepat. Bagaimana bisa? Karena setiap warna memiliki dampak yang berbeda-beda terhadap psikologi manusia. Sebagai contoh, penggunaan warna merah untuk menciptakan rasa urgensi, hijau untuk tema lingkungan, biru yang memberikan rasa tenang, dll. Warna-warna ini bisa membantu untuk memperkuat efektivitas sebuah nama brand.

 

Ada juga perusahaan yang menggunakan musik untuk membangun identitas brand mereka. Misalnya, Intel khas dengan note musik yang dimainkan saat bagain akhir dari iklan mereka di semua media iklan yang berbasis suara.

 

Komunikasikan secara konsisten

 

Momentum Branding PDKTBranding-5

 

Langkah paling akhir dan penting kalau kamu mau berhasil adalah lakukan pendekatan kamu dengan konsisten. Tunjukkan niat dan kesungguhan kamu pada dia supaya hatinya bisa luluh karena kegigihanmu.

 

Konsisten juga sangat diperlukan dalam membangun sebuah bisnis. Sekali bisnis kamu sudah berjalan baik dengan branding yang baik, maka kamu harus mengomunikasikannya secara konsisten kepada para pelanggan/klien. Kamu bisa menggunakan iklan di berbagai media. Di era digital ini, media yang paling efektif adalah menggunakan media sosial dibandingkan dengan radio, televisi, dan koran.

 

Kamu juga bisa mengerahkan usaha kamu secara internal dengan menggunakan pegawai kamu. Berikan brand knowledge kepada mereka hingga sedetil mungkin. Nantinya, mereka juga akan turut membantu menyampaikan pesan brand kamu pada para pelanggan.

 

Branding tentu merupakan pekerjaan rumah besar bagi setiap pebisnis. Ketika sedang mempersiapkan bisnis, akan ada banyak hal yang dipusingkan oleh kamu.

 

Jadi, jika kamu ada pertanyaan atau butuh bantuan terkait dengan branding, klik di sini agar kami bisa memberikan solusi terbaik. Salam sukses!

Share This Article:

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Our Latest Thoughts

Branding Agency Jakarta

Apa Itu Branding?

Sebenarnya apa sih branding? Hubungannya apa dengan usaha yang sedang kalian jalani? Lalu, haruskah melakukan branding pada usaha kalian? Yuk cari tahu jawabannya, People!

Read More »

Ready to Kickstart Your Business?

Fill the form and our team will contact you

within 1×24 hours.

Or you can call/Whatsapp us at

+6281-2300-97323 

for faster response

About Momentum Creative

PT Momentum Kreasi Indonesia adalah agensi branding, design, dan digital marketing berlokasi di Jakarta, Indonesia. Ragam servis yang kami tawarkan adalah corporate identity branding, design/penulisan annual/sustainability report, pembuatan marketing kit (company profile/brosur), hingga pembuatan kalender/agenda/greeting cards.

Our Office

  • Mediterania Garden K/23KG, Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Jakarta Barat 11470
  • (6221)2933-7142
  • (6281)2300-97-323
  • [email protected]

© PT Momentum Kreasi Indonesia 2018