CARI TAHU SEBERAPA KUAT BRANDING BISNIS KAMU!

Momentum Creative Branding Agency

Written by Momentum Creative

“Your brand is what other people say about you when you’re not in the room.” -Jeff Bezos-

How Strong is Your Brand

 

Masyarakat luas bisa mengenal bisnis kamu hanya dengan mengenali brand kamu. Karena itulah brand berperan sangat besar dalam bisnis kamu. Lalu apakah branding yang kamu lakukan sudah cukup kuat untuk memberikan dampak secara internal maupun eksternal dalam marketing bisnis kamu?

 

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa menjawab kuatnya branding bisnis kamu.

 

Apakah masyarakat mengenal brand kamu?

 

 

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah strategi branding kamu berhasil atau tidak adalah dengan bertanya kepada masyrakat tentang brand kamu. Masyarakat yang kamu tanyakan juga bukan sembarangan orang. Akan lebih baik memang masyarakat yang menjadi bagian dari target audience dari brand kamu.

 

Sebagai contoh kamu ingin menanyakan sebuah brand untuk produk susu ibu hamil, tapi kamu menanyakan kepada anak SMA. Bagus kalau mereka sudah tahu mengenai produk brand itu, setidaknya dia pernah mendengar brand tersebut. Mungkin mereka pernah mendengar, tetap kamu salah target saat menanyakan susu hamil pada anak SMA. Makanya sangat penting untuk menanyakan pada sasaran target audience yang tepat.

 

Apakah strategi branding kamu ditujukan kepada target audience yang benar?

 

Right Target Audience

 

Hampir semua produk/service diciptakan dengan target audience yang berbeda-beda. Yang menjadi pekerjaan utama saat melakukan branding adalah apakah kamu sudah memusatkan pada target audience yang tepat atau belum.

 

Mengapa ini menjadi hal yang penting? Untuk mempermudah kamu membayangkan, kita gunakan analogi. Bayangkan target audience kamu adalah sebuah pesawat. Jika kamu ingin berangkat dari Jakarta menuju Bali, namun kamu malah naik pesawat ke Pangkal Pinang. Kalau begitu caranya kamu tidak akan sampai di Bali. Jika ingin menuju Bali, kamu harus menambah usaha berupa tenaga, waktu, dan uang.  Begitu pula yang terjadi jika kamu salah memilih target audience. Kamu harus memperbaikinya agar bisa mencapai tujuan bisnismu.

 

Apa keunikan dari brand kamu jika dibandingkan dengan kompetitor bisnismu?

 

Uniqeness of Your Brand

 

Dari begitu banyak pesaing bisnismu, apa yang kamu lakukan agar kamu bisa ‘dilirik’ oleh calon klien/pelangganmu? Satu hal yang wajib kamu punya adalah keunikan bisnismu. Menjadi berbeda dari yang lain akan menjadi nilai plus untuk bisnismu. Setiap calon klien/pelanggan pasti mempunyai kebutuhannya masing-masing yang berbeda satu sama lain. Penuhi kebutuhan mereka dan gunakan keunikan bisnismu sebagai ‘peluru’ menuju kesuksesan bisnismu.

 

Apakah brand kamu menepati ‘janji’ kepada klien/pelanggan?

 

Promises of Your Brand

 

Janji yang dimaksudkan di sini adalah apa yang kamu tawarkan kepada calon pelanggan/klienmu. Layaknya seorang politikus yang sedang mencalonkan dirinya untuk suatu jabatan. Ia mempromosikan dirinya seperti, “Saya ini jujur, berintegritas tinggi, anti korupsi, dll.” Begitu juga yang terjadi pada brand kamu. Penuhi apa yang sudah kamu janjikan dari brand kamu. Dengan begitu rasa percaya dan loyal dari pelanggan/klienmu akan terbangun.

 

Setelah menjawab dan membaca keterangan di atas, jika jawaban kamu sudah ‘YA’ semua dalam tes singkat ini, maka brand kamu sudah di posisi yang cukup kuat. Tinggal bagaimana kamu akan mempertahankan brand kamu sehingga bisa tetap bahkan semakin dikenal dan dipercaya oleh target audience kamu.

 

Apabila masih ada jawaban ‘TIDAK’, maka kamu harus mencoba memperbaiki strategi branding yang kamu gunakan. Salah langkah dalam melakukan branding akan menimbulkan kemerosotan dalam bisnis kamu. Klik di sini untuk konsultasi gratis dengan kami dan dapatkan solusi terbaik untuk menciptakan branding yang paling sesuai dengan bisnismu. Let’s grow your business beyond your expectation!

Share This Article:

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Our Latest Thoughts

Branding Agency Jakarta

Apa Itu Branding?

Sebenarnya apa sih branding? Hubungannya apa dengan usaha yang sedang kalian jalani? Lalu, haruskah melakukan branding pada usaha kalian? Yuk cari tahu jawabannya, People!

Read More »

Ready to Kickstart Your Business?

Fill the form and our team will contact you within 1×24 hours.

Or you can call/Whatsapp us at

+6281-2300-97323 

for faster response

About Momentum Creative

PT Momentum Kreasi Indonesia adalah agensi branding, design, dan digital marketing berlokasi di Jakarta, Indonesia. Ragam servis yang kami tawarkan adalah corporate identity branding, design/penulisan annual/sustainability report, pembuatan marketing kit (company profile/brosur), hingga pembuatan kalender/agenda/greeting cards.

Our Office

  • Mediterania Garden K/23KG, Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Jakarta Barat 11470
  • (6221)2933-7142
  • (6281)2300-97-323
  • [email protected]

© PT Momentum Kreasi Indonesia 2018